Bukan Kata Tanpa Makna Berdaya dan Berguna Adalah Harapan Nyata

desa penganten

Minggu, 16 Oktober 20110 komentar

Desa Penganten dengan Kode Wilayah Desa 35.22.13.2005 Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro Negara republik indonesia Propinsi Jawa Timur - (Kodepos : 62182).
Penganten merupakan desa yang amat subur di banding dengan desa-desa lain, tepatnya desa ini berada di bagian sebelah selatan desa pekuwon, timurnya desa bulaklo, diutaranya desa pohbogo, disebelah baratnya desa ngampal.
Desa penganten terbagi atas 4 dusun dan 19 RT, dengan jumlah penduduk kurang lebih 2.529 yang sudah punya ktp. desa ini juga menjadi perbatasan antara 4 kecamatan diantaranya : sumberrejo, kedungadem, sukosewu, balen.

Kegiatan sosial kemasyarakatan terbilang cukup baik contohnya dalam kegotongroyongan yang masih tetap terbina sehingga menjadi sebuah tradisi yang tak pernah ditinggalkan layaknya orang-orang yang tinggal di perkotaan. begitu juga dengan kegiatan pemuda atau yang biasa di sebut karang taruna desa penganten juga masih tetap eksis dalam mengembangkan karya-karyanya, kerukunan warga menjadikan desa ini nyaman untuk di tempati walaupun adanya perbedaan sosial ekonomi.

Desa penganten mempunyai potensi pertanian yang lumayan bagus karena perairan yang mengalir dengan lancar seperti adanya kanal dan juga sungai, oleh sebab itu banyak juga orang di desa ini sebagian besar berprofesi sebagai petani dan sisa yang lainnya buruh keluar daerah.
Mayoritas penduduk di desa penganten beragama islam semua bisa dibuktikan dengan masih adanya tahlilan dan juga syukuran yang masih aktif sampai sekarang. Desa penganten di bagi menjadi beberapa dusun :

Dusun penganten inipun dibagi menjadi 3 bagian ;
  • Banjarsari : terletak di bagian nganten bara.t
  • Brangkulon ; {nganten tengah}karena tempatnya yg berada pd tengah-tengah banjarsari & brangetan.
  • Brangetan ; tempatnya di sebelah timurnya kali.
Di brangetan ini juga terdapat pohon yg sangat besar dan dinamakan randualas tepat beberapa meter di bawah pohon ini juga ada sumur tua yang dinamai sumur jambe memiliki sumber air sangat besar dan sumbernya tidak pernah abis walaupun di ambil warga sekampung
Selain itu terdapat juga tanggul angin yg konon katanya sebuah gununk yg mati, di tanggul ini terdapat aliran bengawan yg airnya langsung berasal dari waduk pacal yang selalu mengisi pertanian warga desa.



Selain  semua itu juga ada rawa yang sekarang di kelola oleh kelurahan desa bersama pemkab menjadi waduk yang luasnya sekitar 14 hektar yg menjadi sumber air cadangan sawah petani,.. Dan sekarang waduk lencong truz dikelola menjadi usaha perikanan ……

Harapkan kedepannya semua warga desa penganten ikut menjaga dan melestarikannya ataupun memperkenalkan potensi desa kita pada orang lain serta mempergunakannya secara tepat jangan hanya bisa merusak atau mengotorinya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Caheastboys | dspenganten | caheastboys | donieastboys | caheastboys
Copyright © 2011. desa penganten - All Rights Reserved
Template Created by dspenganten Modify by caheastboys.blogspot.Com
Proudly powered by Blogger