Bukan Kata Tanpa Makna Berdaya dan Berguna Adalah Harapan Nyata

manfaat dan teknik penanaman ketela rambat

Jumat, 08 Maret 20130 komentar

Sebagai seorang petani khususnya di pedesaan kita pasti sudah tau bagaimana dan apa itu Ketela yang juga biasa di sebut dengan umbi jalar, umbi jalar adalah umbi yang tumbuh nya menjalar. Dalam bahasa jawa disebut nama telo. Ketela ini jg banyak di jual orang sebagai makanan olahan seperti telo goreng, keripik telo, dan yang lebih tren lagi dibuat sebagai bahan bakpao yaitu bakpao telo.
Ubi jalar atau ketela rambat adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok  yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.
Ubi jalar berasal dari Amerika Selatan tropis dan, yang masih diperdebatkan, Papua. Kalangan yang tidak menyetujui asal muasal ubi jalar dari Papua berpendapat bahwa orang Indian telah berlayar menuju ke barat melalui Samudra Pasifik dan membantu menyebarkan ubi jalar ke Asia. Proposal ini banyak ditentang karena bertentangan dengan fakta-fakta klimatologi dan antropologi.
Ubi jalar memiliki banyak manfaat bahkan dapat dijadikan sebagai bahan makanan alternatif bagi pasien penyakit tertentu di rumah sakit. tepung ubi jalar lebih mahal daripada tepung gandum (terigu).
Nama umum ketela
  1. Indonesia : Ubi jalar, ketela, ketela rambat, telo rambat (Jawa), patatas (Papua), mantang (Sunda)
  2. Inggris     : Sweet potato
  3. Melayu    : Ubi keledek
  4. Thailand   : Phak man thet
  5. Pilipina     : Kamote
  6. Jepang     : Satsumaimo
Nilai kandungan gizi Ubi Jalar per 100 g (3.5 oz), Energi 360 kJ (86 kcal), Karbohidrat 20.1 g, Pati 12,7 g, Gula 4.2 g, Diet serat 3,0 g, Lemak 0,1 g, Protein 1,6 g, Vitamin A equiv. 709 mg (79%), - Beta-karoten 8509 mg (79%), - Lutein dan zeaxanthin 0 mg, Thiamine (Vit. B1) 0,1 mg (8%), Riboflavin (Vit. B2) 0,1 mg (7%), Niacin (Vit. B3) 0,61 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,8 mg (16%), Vitamin B6 0,2 mg (15%), Folat (Vit. B9) 11 mg (3%), Vitamin C 2.4 mg (4%), Kalsium 30,0 mg (3%), Besi 0,6 mg (5%), Magnesium 25,0 mg (7%), Fosfor 47,0 mg (7%), Kalium 337 mg (7%), Sodium 55 mg (2%), Seng 0,3 mg (3%), Source: USDA Nutrient database.
Teknik Penanaman Ketela Rambat
  • Penentuan Pola Tanam
Sistem tanam ubi jalar dapat dilakukan secara tunggal (monokultur) dan tumpang sari dengan kacang tanah. 
a) Sistem Monokultur
Buat larikan-larikan dangkal arah memanjang di sepanjang puncak guludan dengan cangkul sedalam 10 cm, atau buat lubang dengan tugal, jarak antar lubang 25-30 cm. Buat larikan atau lubang tugal sejauh 7-10 cm di kiri dan kanan lubang tanam untuk tempat pupuk. Tanamkan bibit ubi jalar ke dalam lubang atau larikan hingga angkal batang (setek) terbenam tanah 1/2-2/3 bagian, kemudian padatkan tanah dekat pangkal setek (bibit).
Masukkan pupuk dasar berupa urea 1/3 bagian ditambah TSP seluruh bagian ditambah KCl 1/3 bagian dari dosis anjuran ke dalam lubang atau larikan, kemudian ditutup dengan tanah tipis-tipis. Dosis pupuk yang dianjurkan adalah 45-90 kg N/ha (100-200 kg Urea/ha) ditambah 25 kg P2O5/ha (50 kg TSP/ha) ditambah 50 kg K2O/ha (100 kg KCl/ha). Pada saat tanam diberikan pupuk urea 34-67 kg ditambah TSP 50 kg ditambah KCl 34 kg per hektar. Tanaman ubi jalar amat tanggap terhadap pemberian pupuk N (urea) dan K (KCl).
b) Sistem Tumpang Sari
Tujuan sistem tumpang sari antara lain untuk meningkatkan produksi dan pendapatan per satuan luas lahan. Jenis tanaman yang serasi ditumpangsarikan dengan ubi jalar adalah kacang tanah. Tata cara penanaman sistem tumpang sari prinsipnya sama dengan sistem monokultur, hanya di antara barisan tanaman ubi jalar atau di sisi guludan ditanami kacang tanah. Jarak tanam ubi jalar 100 cm x 25-30 cm, dan jarak tanam kacang tanah 30 x 10 cm. 
  • Cara Penanaman
Bibit yang telah disediakan dibawa ke kebun dan ditaruh di atas bedengan. Bibit dibenamkan kira-kira 2/3 bagian kemudian ditimbun dengan tanah kemudian disirami air. Bibit sebaiknya ditanam mendatar, dan semua pucuk diarahkan ke satu jurusan. Dalam satu alur ditanam satu batang, bagian batang yang ada daunnya tersembul di atas bedengan.
Pada tiap bedengan ditanam 2 deretan dengan jarak kira-kira 30 cm. Untuk areal seluas 1 ha dibutuhkan bibit stek kurang lebih 36.000 batang. Penanaman ubi jalar di lahan kering biasanya dilakukan pada awal musim hujan (Oktober), atau awal musim kemarau (Maret) bila keadaan cuaca normal. Dilahan sawah, waktu tanam yang paling tepat adalah segera setelah padi rendengan atau padi gadu, yakni pada awal musim kemarau.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Caheastboys | dspenganten | caheastboys | donieastboys | caheastboys
Copyright © 2011. desa penganten - All Rights Reserved
Template Created by dspenganten Modify by caheastboys.blogspot.Com
Proudly powered by Blogger