Bukan Kata Tanpa Makna Berdaya dan Berguna Adalah Harapan Nyata

waktu dan cara tanam menyok

Sabtu, 09 Maret 20130 komentar

halo kawan apa kalian sudah pernah merasakan makan singkong atau bahasa desone menyok,.? kalo belum cobalah yang pasti rasanya cetaar membahana hehehe itu kalau yang makan syahrini. Ketela pohon atau singkong merupakan tanaman pangan berupa perdu dengan nama lain ubi kayu, singkong atau kasape. 
Ketela pohon berasal dari benua Amerika, tepatnya dari negara Brazil. Penyebarannya hampir ke seluruh dunia, antara lain: Afrika, Madagaskar, India, Tiongkok. Ketela pohon berkembang di negara-negara yang terkenal wilayah pertaniannya dan masuk ke Indonesia pada tahun 1852.
Singkong adalah tanaman yang mudah sekali tumbuh misalnya kita melemparkan saja batang singkong ke tanah yang lembab maka tanaman itu bisa tumbuh jadi memang benar adanya tanah indonesia adalah tanah surga khususnya di pulau jawa ini, di kalimantan singkong menjadi makanan favorit bila di olah menjadi kripik makanya banyak sekali orang yang pergi ke kalimantan untuk usaha kripik singkong selain itu juga bisa dibuat tape menyok.
Singkong memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan seperti antioksidan, antikanker, antitumor, dan dapat meningkatkan nafsu makan, selain itu singkong juga mampu menyembuhkan beberapa macam penyakit reumatik, demam, luka, diare, sakit kepala, bahkan untuk meningkatkan stamina.
waktu dan cara tanam ketela pohon :
1. Iklim
  1. Curah hujan yang sesuai untuk tanaman ketela pohon antara 1.500-2.500 mm/tahun.
  2. Suhu udara minimal bagi tumbuhnya ketela kohon sekitar 10 derajat C. Bila suhunya di bawah 10 derajat C menyebabkan pertumbuhan tanaman sedikit terhambat, menjadi kerdil karena pertumbuhan bunga yang kurang sempurna.
  3. Kelembaban udara optimal untuk tanaman ketela pohon antara 60-65%.
  4. Sinar matahari yang dibutuhkan bagi tanaman ketela pohon sekitar 10 jam/hari terutama untuk kesuburan daun dan perkembangan umbinya.

2. Media Tanam

  1. Tanah yang paling sesuai untuk ketela pohon adalah tanah yang berstruktur remah, gembur, tidak terlalu liat dan tidak terlalu poros serta kaya bahan organik. Tanah dengan struktur remah mempunyai tata udara yang baik, unsur hara lebih mudah tersedia dan mudah diolah. Untuk pertumbuhan tanaman ketela pohon yang lebih baik, tanah harus subur dan kaya bahan organik baik unsur makro maupun mikronya.
  2. Jenis tanah yang sesuai untuk tanaman ketela pohon adalah jenis aluvial latosol, podsolik merah kuning, mediteran, grumosol dan andosol.
  3. Derajat keasaman (pH) tanah yang sesuai untuk budidaya ketela pohon berkisar antara 4,5-8,0 dengan pH ideal 5,8. Pada umumnya tanah di Indonesia ber-pH rendah (asam), yaitu berkisar 4,0-5,5, sehingga seringkali dikatakan cukup netral bagi suburnya tanaman ketela pohon.

3. Ketinggian Tempat

  • Ketinggian tempat yang baik dan ideal untuk tanaman ketela pohon antara 10–700 m dpl, sedangkan toleransinya antara 10–1.500 m dpl. Jenis ketela pohon tertentu dapat ditanam pada ketinggian tempat tertentu untuk dapat tumbuh optimal.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Caheastboys | dspenganten | caheastboys | donieastboys | caheastboys
Copyright © 2011. desa penganten - All Rights Reserved
Template Created by dspenganten Modify by caheastboys.blogspot.Com
Proudly powered by Blogger