Bukan Kata Tanpa Makna Berdaya dan Berguna Adalah Harapan Nyata

mercon door maha karya petani

Kamis, 24 Oktober 20130 komentar

Musim panen hampir tiba dan saat inilah para petani harus mempunyai ide kreatif untuk menghalau serangan-serangan burung emprit diantaranya menggunakan kentongan, orang-orangan sawah, maupun kentongan kincir. tapi diantara semua itu ada alat yang lebih ampuh untuk mengusir burung emprit seperti gambar disamping ini.
Orang-orang tani biasa menyebutnya Mercon door, siapa pembuat pertamanya tidak ada yang tau tapi yang jelas benda seperti ini sudah membludak di kalangan petani desa penganten dan ini semua akan terbukti saat kalian berada di kawasan wilayah pertanian warga desa penganten.
Mercon door Maha karya petani merupakan terobosan yang sangat kreatif dengan bahan yang mudah didapat dan juga pembuatan yang simpel, hanya dengan sekali melihat bentuk dan cara-cara merakitnya pasti semua orang bisa membuatnya bahan-bahan yang diperlukan adalah :
  • Pipa/Paralon : Ukuran tergantung selera bisa 2 dem atau 3 dem semakin besar akan semakin buuuuum, panjang pipa 1/2 meter sampai 1 meter kalau pingen kelihatan simpel ya pendek-pendek aja. tapi yang jelas orang disekitar saya biasanya memakai pipa ukuran 2 dem dan panjang 1/2 meter.
  • Sarangan : Bahan yang digunakan biasanya wadah kaleng bekas seperti kaleng susu, kaleng obat dll kaleng itu di lubangi atau di garit-garit segi tiga di bagian bawahnya. gunanya untuk keluar masuknya udara.
  • Sakelar korek api yang memiliki aliran listrik : Cara pemasangannya 2 tutup botol yang disusun dengan cara dilubangi dan sakelar korek api ditaruh diantara ke 2 tutup botol tersebut.
  • Spertus : Digunakan untuk memancing ledakan saat sakelar korek api ditekan.
  • Perakitan, sarangan yang sudah kita buat masukkan ke dalam pipa tapi ukurannya harus pas agar tidak lepas. di bagian paling belakang di tempati botol yang sudah kita gabungkan dengan sakelar korek api tadi perkuat perakitan dengan tali ban. dan langkah terakhir kita masukkan spertos dari bagian belakang dengan menggunakan semprotan 2-3 kali sentuhan, maka hanya dengan menekan sakelar korek api akan menimbulkan suara yang menggelegar dooooooooooooooooooooooooor, doooooooooooooor, dooooooor.
Selamat mencoba semoga berhasil, di jamin burung emprit akan lari terbirit-birit. . . .
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Caheastboys | dspenganten | caheastboys | donieastboys | caheastboys
Copyright © 2011. desa penganten - All Rights Reserved
Template Created by dspenganten Modify by caheastboys.blogspot.Com
Proudly powered by Blogger